Endah Banjarmasin Kontestan Pertama Mendapat Pujian Saepul Jamil

Konser D'Academy 2 telah memasuki pada babak nominasi putaran kedua. Pada babak ini kontestan tinggal berjumlah 28 orang, sehingga dalam setiap konser terdiri 4 orang kontestan yang akan tampil, dan akan ada satu kontestan masuk pada zona aman dan tiga lainnya pada zona tidak aman, dari ketiga kontestan pada zona tidak aman akan ada satu kontestan yang tersenggol. Semakin hari persaingan antara peserta semakin ketat, karena masing-masing kontestan sudah dapat menyesuaikan diri tampil di panggung yang besar seperti di konser D'Academy ini.

www.on-dangduters.blogspot.com

Pada Konser Nominasi hari ke-8 kontestan yang tampil adalah Reza dari Bandung, Iwan dari Sumenep, Endah dari Banjarmasin dan Anita dari Jepara. Terjadi hal yang tidak seperti biasanya. Juri yang terkenal dengan kritikan super pedas Saepul Jamil, pada hari itu memberikan pujian kepada kontestan Endah dari Banjarmasin. Dengan begitu semangat Saepul Jamil mengatakan "Inilah yang selama ini ku cari, luar biasa" seperti kata-kata dalam film Kejora.

Lantas saja Endah tersungkur sujud mendengar kata-kata tersebut. Karena selama ini juri Saepul Jamil mempunyai kritikan yang sangat super pedas. Malam itu Endah menyayikan lagu "Hanoman Obong". Penampilan Endah dalam menyanyikan lagu Hanoman Obong mendapat pujian juga dari Rita Sugiarto dan Juri yang lainnya. Endah membawakan lagu tersebut dengan gayanya sendiri, dengan membuat perpaduan antara unsur dangdut dan jawa klasik, disamping itu juga dia mampu menyanyikan lagu bernada tinggi, lagu daerah asalnya Banjarmasin dan juga lagu Barat.

Saepul Jamil mengatakan juga bahwa kontestan akan mempunyai nilai lebih apabila bisa menyanyikan lagu dalam bermacam-macam genre, walaupun memang D'Academy merupakan Ajang bernyanyi musik dangdut. Penampilan kontestan yang lain juga tampil dengan baik seperti Reza dari Bandung dan Iwan dari Sumenep.

Lain halnya dengan kontestan dari Jepara Anita, Pada malam itu Anita tampil tidak maksimal, banyak kritikan dari Juri untuknya, seperti artikulasi kurang jelas dan bernyanyi persis seperti gaya penyanyi aslinya, sehingga karakter dirinya tidak muncul.

Hasil dari polling SMS sangat berpengaruh adanya Saepul Effect terhadap Endah, dari sebelumnya Endah pada posisi bawah langsung menempati posisi teratas, sehingga Endah masuk pada zona Aman. Sedangkan Reza, Iwan dan Anita berada pada zona tidak aman. Kemudian penilaian Dewan juri menyimpulkan bahwa Anita menjadi kontestan yang tersenggol pada malam itu.